Widget HTML Atas

5 Hal Penting yang Wajib Penulis Ketahui Ketika Melakukan Swasunting Naskah

hal penting dalam Swasunting

Swasunting merupakan suatu proses untuk memperbaiki suatu tulisan yang dilakukan oleh penulis terhadap karyanya sendiri. Jadi tulisan yang telah ditulis, perlu disempurnakan untuk perbaikan dengan melakukan swasunting. Swasunting seperti membangun rumah atau memasak makanan. Sentuhan akhirnya sangat menentukan sebuah karya.

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika melakukan swasunting? Setidaknya ada 5 hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan swasunting, yaitu:
1. Judul
Pemilihan sebuah judul karya tulis akan menjadi sangat menentukan. Hal ini karena orang dapat tertarik membaca karya kita, dimulai dengan membaca judul. Jika judul sudah menarik dan membuat pembaca penasaran, maka kemungkinan ia akan membaca tulisan kita. Jadi buatlah judul semenarik mungkin, namun tetap menggambarkan isi karya.

2. Ejaan
Kalau ejaan, tentu terkait dengan penggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Untuk itu sebagai penulis, tentu harus mempunyai PUEBI dan sering-sering mempelajarinya. Jika ada kata yang meragukan dapat langsung mencari kebenarannya di PUEBI atau apada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sekarang ini ada juga kamus versi online yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

3. Diksi
Pemilihan diksi atau kata yang tepat sangat berpengaruh terhadap suatu karya tulis. Seorang penulis harus kaya akan kata, sehingga dapat memilih kata atau diksi yang tepat pada tulisannya.

4. Tipografi 
Seorang penulis juga harus memperhatikan tipografi atau ketikan setiap kata yang telah ditulisnya. Hal ini dilakukan agar tidak ada kesalahan ketik, sehingga mengurangi makna tulisan.

5. Gaya Bahasa
Pemilihan gaya bahasa juga sangat penting dalam suatu tulisan. Gaya bahasa yang beragam akan sangat disukai oleh pembaca.

Demikianlah beberapa swasunting yang wajib dilakukan oleh seorang penulis. Semoga bermanfaat.
Salam.

Tidak ada komentar untuk "5 Hal Penting yang Wajib Penulis Ketahui Ketika Melakukan Swasunting Naskah"